Ari. 2015. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IVB SD NO 64/1 Muara Bulian. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I Drs. Budi Purnomo, M.Hum. M.Pd.; Pembimbing II Drs.H .Admizal, M.Pd;
Kata kunci: pengaruh, status sosial ekonomi,orang tua, prestasi belajar.
Dari pengamatan awal peneliti bahwa siswa-siswi dikelas IVB SDN No 64/I Muara Bulian yang berasal dari kondisi sosial ekonomi keluarga yang berbeda, seperti : Pendapatan, kekayaan yang dimiliki dan tempat tinggal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan anatara status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas IVB SD Negeri 64/ I Muara Bulian.
Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu penelitian tentang data yang dikumpulkan dan dinyatakan dalam bentuk angka– angka.
Berdasarkan analisis tersebut diketahui bahwa status sosial orang tua terhadap prestasi belajar siswa SDN No.64/1 Muara Bulian adalah Cukup Sangat berpengaruh. Selanjutnya telah di analisis berdasarkan koofesien determinan yang menyatakan besar kecilnya sumbangan antara variabel X dan Variabel Y adalah adalah 58,52 berarti status sosial ekonomi orang tua memberikan kontribusi sebesar 58,52% dalam menciptakan pengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas IVB SDN No.64/1 MuaraBulian.
Kesimpulan yang diambil dalam penelitian ini adalah bahwa status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa adalah cukup baik. Selanjutnya uji hipotesis yang diajukan dengan membandingkan besarnya r dengan r yang dicantumkan dalam tabel nilai r product moment df= N-nr = 25-2= 23.Dengan df sebesar 25 diperoleh r pada taraf signifikan α 5% sebesar 0,396. Ternyata r =0,765 lebih besar dari r =0.396 pada taraf signifikan α 5% dengan demikian status sosial yang berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas IVB SDN No.64/1 Muara Bulian.
0 komentar:
Posting Komentar