Jurnal Ekonomi: Pengaruh Servicescapedan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian


PENGARUH SERVICESCAPE DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
PADA MANADO TOWN SQUARE I
Universitas Sam Ratulangi Manado, cindy_moningka@yahoo.com, loindong18s@gmail.com

Abstrak: Persaingan yang semakin ketat dalam dunia usaha menyebabkan perusahaan harus mampu menciptakan startegi pemasaran yang tepat. Strategi Servicescape dan Lokasi yang tepat akan sangat mendukung terciptanya suatu strategi pemasaran untuk keputusan pembelian konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah servicescape dan lokasi berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Manado Town Square I secara simultan dan parsial. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif. Analisis data berupa uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, koefisien determinasi, regresi linear berganda. Hasil penelitian yaitu: servicescape dan lokasi secara bersama berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Manado Town Square I. Servicescape dan Lokasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Manado Town Square I. Servicescape variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian pada Manado Town Square I.

Latar Belakang 

Kawasan Asean akan memasuki apa yang dikatakan dengan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Pemerintah kemudian berbenah untuk meningkatkan investasi demi terjadinya peningkatan pendapatan. Tidak ada lagi bea masuk barang dan orang ke negara-negara masyarakat ekonomi asean membuat persaingan menjadi sangat terbuka, bisa kearah positif atau negative.

Mengikuti perkembangan dan banyaknya pesaing bisnis yang sejenis, pihak manajemen pemasaran harus dapat menjalankan tugasnya dengan strategis, tepat dan sesuai.  Melakukan strategi dengan tepat dan mengena pada sasaran adalah tugas dari manajer pemasaran, strategi pemasaran servicescape dan lokasi yang tepat bisa memudahkan konsumen membeli. 

Industri ritel pun memiliki peranan yang sangat penting bagi perekonomian Indonesia khususnya masyarakat Indonesia. Industri ritel menempatkan diri sebagai industri kedua tertinggi dalam penyerapan tenaga kerja Indonesia setelah industri pertanian. Hal ini mengindikasikan bahwa banyak orang menggantungkan hidupnya pada industri ritel. Manado Town Square I membuat konsumen yang ada dikota Manado dan sekitarnya mudah untuk melakukan pembelian. Manado Town Square I menerapkan strategi pemasaran servicescape dan lokasi untuk mendekatkan konsumen dan mempermudah konsumen berbelanja. Strategi pemasaran servicescape dan lokasi digunakan perusahaan untuk mengantisipasi persaingan yang datang dengan cepat akibat globalisasi. Strategi pemasaran ini mampu membuat keputusan konsumen untuk berbelanja pada Manado Town Square I. 

Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh:
  1. Servicescape dan lokasi secara simultan terhadap keputusan pembelian pada Manado Town Square I
  2. Servicescape terhadap keputusan pembelian pada Manado Town Square I
  3. Lokasi terhadap keputusan pembelian pada Manado Town Squre I.

Selengkapnya silahkan download:

 Artikel Ekonomi


Direkomendasikan juga membaca artikel berikut ini:
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar